Rabu, 16 Mei 2012

JIPLAK MENJIPLAK LAGU

boleh ya saya mengatakan kalau saya ini cukup suka mengamati perkembangan musik dari jaman ke jaman. dan salah satu hal yang saya suka untuk diamati adalah fenomena jiplak menjiplak lagu. dari tahun ke tahun ternyata ada aja cerita tentang lagu jiplakan. ada yang bener- benar sama, ada yang cuma beda musik dan liriknya aja. ada yang cuma 50% kesamaannya. ada yang sama musiknya aja, ada yang sama di beberapa bagian saja. dan ada yang cuma mirip dikit aja.
Saya searching ke mbah gugel, ternyata ada banyak lagu pop Indonesia yang menjiplak lagu asing, khususnya lagu Amerika. jadi saya pun sudah tidak berminat untuk menuliskannya di sini. kalian bisa search di gugel kok untuk lagu indonesia yang menjiplak lagu barat.
Saya ingin menuliskan kisah penjiplakan yang agak berbeda. kali ini kiblat saya ke India. Ya semua tahu kan tentang negara yang satu ini. Negara yang terkenal dengan Shah Rukh Khan-nya. Negara yang terkenal dengan Taj Mahalnya. Negara yang terkenal dengan Filnya yang pasti penuh dengan lagu dan tariannya. Nah, bicara soal musik India, semua orang Indonesia juga tahu kan kalao entah berapa juta lagu India yang berhasil dijiplak oleh lagu dangdut. Ini di antaranya :
~ Ria Amelia - Sms
      Lagu sms yang sempat buming ini, makin buming setelah muncul isu plagiat. Ya lagu ini ramai disebut sebagai lagu plagiat dari jagu india jadul berjudul dil use do jo.
silakan dengar dan bandingkan.

Ria Amelia - SMS .mp3


Found at bee mp3 search engine

www.downloadming.com .mp3


Found at bee mp3 search engine
 ~Ashraf- Syarmila
    Entah ada yang tau atau tidak, atau semua emang udah tau kalau Asraf emang hobi menjiplak lagu india. atau mungkin semua lagu asraf emang jiplakan india. silakan bandingkan.

ASSRAFF - SARMILA .mp3


Found at bee mp3 search engine

www.songs.pk - aankh milate darr lagta .mp3


Found at bee mp3 search engine
~Sembako Cinta - Thomas Djorgi
    Setelah dari dulu saya mendengar lagu ini, ternyata saya baru nyadar bahwa ini lagu jiplakan dari lagu sawan ka mahina.

thomas djorghi - sembako cinta .mp3


Found at bee mp3 search engine

Lata Mangeshkar & Mukesh - 15 - Sawan Ka Mahina - www.downloadming.com .mp3


Found at bee mp3 search engine
 ~Mimipi Manis -Rika
    Mungkin banyak yang mengira lagu ini dinyanyikan oleh Dewi Persik. Tapi DP sebenernya cuma lipsing aja. penyanyi aslinya bernama Rika. dan kalo lagu ini seh dari pertama denger juga udah tau kalo ini jiplakan lagu inida, Dus bahane. entah kalian tau atau tidak. Cekidot!
dangdut-dewi persik - mimpi manis .mp3
Found at bee mp3 search engine
Omar - Dus Bahane Ker Ke Le Gaye Dil .mp3
Found at bee mp3 search engine
Ya, itu sedikit dari jutaan lagu India yang dijiplak dangdut. Lalu selain menjiplak lagu India, ternyata dengan kreatifnya, Dangdut juga menjiplak lagu asing lainnya. ini dia:
~ Cinta satu malam - Melinda
    Pertama denger lagu ini, begitu enakeun, dan gak nyangka kalo ternyata ini lagu jiplakan. dan betapa kecewanya ketika tau kalo lagu ini lagu jiplakan. tapi saya tetep suka kok ama lagunya. haha
silakan dengarkan.

Melinda mp3s-gratis.blogspot.com - Cinta Satu Malam mp3s-gratis.blogspot.com .mp3


Found at bee mp3 search engine

Cascada - Every Time We Touch .mp3


Found at bee mp3 search engine
~Iwak Peyek- Trio Macan
    Dan ini dia Lagu Dangdut jiplakan yang sangat heboh di tahun 2012 ini. Iwak Peyek awalnya disebut sebagai lagu jiplakan dari yel bonex untuk persebaya yang diciptakan H. Imron untuk mendukung Persebaya, ternyata mirip juga dengan sebuah lagu punk rock asal inggris yang berjudul Take 'em All.. Hanya saja tidak sama semuanya, hanya sama bagian reff dari lagu itu. jadi bagian reff dari lagu Take 'em All dijadikan bagian intro dari lagu iwak peyek. tapi menurut saya pribadi, lagu iwak peyek sudah menjadi satu lagu baru yang utuh (entah karena faktor suka, hehe)
silakan bandingkan.
trio macan - iwak peyek - youtube .mp3
Found at bee mp3 search engine
Ya, sekian dulu deh. nanti saya sambung lagi, okey...

1 komentar:

  1. tahun berapa lagu SMS tayang utk pertama kalinya ? Apakah Ria yg pertamamenyanyikannya ?

    BalasHapus